Apa Itu Payment Gateway? Pengertian dan Keuntungannya

Apa itu payment gateway? yaitu layanan keuangan yang menawarkan proses transaksi pembayaran secara digital. Transaksi pembayaran yang dilakukan biasanya dari pembeli ke penjual atau merchant. Umumnya layanan transaksi pembayaran ini dipakai oleh e-commerce agar transaksi lebih cepat dan mudah.

Sejumlah toko fisik atau toko offline juga banyak yang menggunakan layanan transaksi pembayaran ini sebagai fasilitas pembayaran melalui metode digital atau secara online. Bahkan saat ini sudah banyak pebisnis yang memanfaatkan layanan transaksi pembayaran ini dan sudah ada penyedia layanan yang tersedia seperti contohnya Paydisini. Nah, setelah Anda memahami apa itu payment gateway, simak juga cara kerja dan keuntungannya di bawah ini sebelum memanfaatkan layanannya.

Cara Kerja Payment Gateway

Payment gateway adalah salah satu terobosan teknologi pembayaran secara digital atau online yang canggih, namun sistem kerjanya lebih praktis, sederhana dan cepat. Ada sejumlah tahapan cara kerja payment gateway yang bisa Anda pelajari, yaitu:

1. Pelanggan Selesai Melakukan Transaksi Melalui E-commerce

Setelah pelanggan atau konsumen melakukan proses check out barang belanjaan, baik melalui situs maupun aplikasi e-commerce, lalu mereka akan diarahkan ke halaman memilih metode pembayaran yang tersedia.

Biasanya setiap e-commerce menyediakan metode pembayaran yang berbeda-beda dan bisa dipilih sesuai keinginan pelanggan. Sejumlah metode pembayaran inilah yang memakai sistem payment gateway dan mereka bisa langsung memilih salah satu metode pembayaran yang telah tersedia.

2. Informasi Transaksi Berjalan ke Payment Processor

Saat pembayaran selesa dan dikonfirmasi oleh sistem, lalu seluruh informasi mengenai proses transaksi tersebut tercatat di dalam payment gateway. Informasi ini akan dikirimkan ke payment processor yang dimiliki oleh pihak bank yang pelanggan pilih.

3. Pihak Bank Mengirimkan Balasan ke Payment Processor

Apabila pihak bak sudah mendapatkan informasi transaksi dari pelanggan melalui payment processor, lalu mereka akan mengirimkan respon ke payment processor kembali. Responnya berupa kode khusus yang isinya mengenai berhasil maupun tidaknya transaksi yang dilakukan oleh pelanggan.

Pada saat data pelanggan masuk dan tidak sesuai ata ada kesalahan di pembayaran, biasanya sistem akan otomatis menggagalkan pembayaran tersebut.

4. Payment Gateway Menerima Pesan Transaksi

Terakhir, payment gateway akan mendapatkan pesan transaksi mengenai status transaksi pelanggan yang dikirimkan melalui payment processor. Pesannya berisi mengenai status transaksi dan akan dikirimkan ke situs atau aplikasi e-commerce dan menyelesaikan transaksinya.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara kerja payment gateway supaya Anda lebih memahami apa itu payment gateway.

Manfaat Payment Gateway bagi Bisnis

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh bisnis apabila menggunakan payment gateway terbaik dari Paydisini, seperti:

1. Tidak Usah Membuat Banyak Rekening

Adanya payment gateway memungkinkan pebisnis atau penjual menerima pembayaran melalui berbagai macam metode pembayaran dengan mudah tanpa harus membuat banyak rekening. Setiap pelanggan pastinya ingin melakukan transaksi pembayaran sesuai dengan keinginan mereka dan terkadang rekening bank yang mereka miliki berbeda-beda.

Dengan menggunakan layanan payment gateway, maka Anda tidak usah menyediakan banyak rekening bank untuk menerima pembayaran dari berbagai macam rekening bank. Hal ini karena sistem payment gateway menyediakan banyak metode pembayaran sekaligus, seperti kartu debit atau kredit, virtual account, QRIS, e-monney dan lainnya.

2. Jangkauan Lebih Luas

Fasilitas yang ditawarkan oleh payment gateway memungkinkan bisnis bisa menerima dana dari sejumlah metode pembayaran dengan mudah dan cepat. Hal ini membuat pebisnis lebih mudah memberikan pelayanan kepada para pelanggan mereka dengan metode pembayaran yang berbeda-beda. Adanya payment gateway juga memudahkan pelanggan melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja.

3. Rekap Pembayaran secara Otomatis

Agar Anda lebih tahu apa itu payment gateway, maka harus memahami manfaat yang satu ini. Dimana pebisnis bisa melakukan rekap pembayaran secara otomatis melalui layanan payment gateway. Sebelumnya para pebisnis banyak yang menyusun laporan keuangan manual dan berisiko terjadi kesalahan dalam penyusunannya.

Masalah ini dapat diatasi dengan baik semenjak kehadiran sistem gateway karena selain bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital, namun juga memungkinkan pencatatan laporan transaksi secara otomatis. Hal ini bisa mencegah terjadinya kesalahan pencatatan laporan transaksi keuangan yang bisa berakibat fatal terhadap bisnis Anda ke depannya.

4. Transaksi Lebih Praktis

Sebelum ada sistem payment gateway, toko online biasanya memakai transfer bank untuk melakukan transaksi pembayaran. Metode ini cukup merepotkan karena harus pembeli diharuskan menyimpan bukti transaksi pembayaran berupa resi pembayaran yang harus ditunjukkan kepada penjual. Setelah kehadiran payment gateway, informasi status transaksi pembayaran ter-update secara otomatis oleh sistem.

Penjual juga tidak harus memiliki banyak rekening bank untuk memudahkan pelanggan melakukan transaksi karena jika transfer ke berbeda bank akan dikenakan biaya administrasi. Melalui layanan payment gateway memungkinkan pembeli melakukan transaksi dengan metode yang mereka inginkan dengan mudah.

5. Keamanan Transaksi Lebih Terjamin

Anda perlu tahu apa itu payment gateway, karena bisa memberikan banyak manfaat bagi pebisnis dan para pelanggannya. Payment gateway merupakan layanan transaksi pembayaran yang menerapkan teknologi terkini. Ada beberapa aspek sistem keamanan jaringan yang sudah diterapkan melalui payment gateway untuk memastikan keamanan transaksi, seperti machine learning, enskripsi, artificial intelligence dan sebagainya.

Kemudahan dalam memilih metode pembayaran adalah keuntungan bagi para pelanggan atau pembeli. Manfaat sistem payment gateway juga tidak hanya sebatas untuk pembeli saja, namun penjual juga akan memperoleh banyak manfaatnya jadi bisa menciptakan solusi untuk kedua belah pihak.

6. Transaksi Lebih Fleksibel

Payment gateway biasanya mempunyai banyak pilihan metode pembayaran hampir semua bank dan hal ini memungkinkan pembeli melakukan transaksi. Kehadiran payment gateway juga memberikan kesempatan bagi pebisnis menerima sejumlah metode pembayaran secara berbeda-beda sesuai dengan keinginan pembeli.

Pembeli juga tidak merasa terbebani oleh biaya admin untuk melakukan transaksi antar bank untuk membeli suatu produk. Umumnya transaksi antar bank akan dikenakan biaya dan besar biayanya tergantung dengan jenis transaksi dan bank yang mereka gunakan.

7. Membantu Proses Rekonsiliasi Penjualan

Suatu bisnis dikatakan sehat apabila mempunyai laporan keuangan yang jelas dan akurat. Nah, kehadiran sistem payment gateway, memungkinkan pencatatan laporan keuangan secara akurat dan mudah. Hal ini juga bisa membantu proses rekonsiliasi penjualan, lebih khususnya lagi sistem payment gateway yang sudah dilengkapi dengan dashboard.

Setiap adanya keluar masuknya dana, maka akan tercatat secara otomatis di dashboard dan dikelola dalam penyusunan laporan keuangan secara mudah dan akurat. Payment gateway juga bisa membangun kepercayaan pelanggan terhadap penjual karena memberikan solusi transaksi yang lebih mudah, aman dan fleksibel. Baik pembeli maupun penjual bisa saling percaya satu dengan yang lainnya.

Jadi, itulah penjelasan mengenai apa itu payment gateway, cara kerja dan manfaatnya. Bagi Anda yang ingin memanfaatkan sistem payment gateway untuk bisnis pastikan untuk menggunakan Paydisini yang sudah dijamin legal dan termurah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *