Integrasi Payment Gateway dengan E-Commerce: Panduan Lengkap

Integrasi payment gateway dengan e-commerce dibutuhkan untuk melancarkan dan mempermudah pembayaran digital pada platform tersebut. Jika suatu bisnis menyediakan payment gateway yang memadai, maka bisa menunjang perkembangan bisnis yang lebih baik. Untuk memahami lebih lanjut seputar integrasi gateway pembayaran dengan platform e-commerce, simak pembahasan berikut.

Seputar Integrasi Payment Gateway dengan E-Commerce

Bisnis e-commerce bisa saja tidak dapat berfungsi optimal seperti biasanya terutama dari segi transaksi jika tanpa peran payment gateway. Teknologi gateway ini mampu membuat platform e-commerce mengakses ragam metode pembayaran. Jika semua metode tersebut sudah terintegrasi dengan baik, maka e-commerce maupun pelanggan bisa sama-sama mudah bertransaksi.

Menyediakan ragam metode transaksi berarti bisa meningkatkan kepuasan para pelanggan. Jika implementasi payment gateway ini dipertahankan dengan baik atau bahkan dikembangkan lagi, maka bisa meningkatkan penjualan. Pelanggan sudah tidak perlu lagi melakukan transaksi manual ketika melakukan pembelian online.

Jika e-commerce terintegrasi dengan payment gateway, maka mereka bisa menunjang transaksi VA, e-wallet, QRIS, dan kartu bank. Lebih dari menyediakan ragam metode, peran payment gateway juga tidak lepas dari meneruskan dana ke e-commerce. Teknologi fintech ini bisa menyajikan laporan transaksi secara lebih rapi.

Alih-alih transaksi secara tradisional, payment gateway bisa menjadi inovasi menjanjikan karena bisa menghindari human error. Pada sisi lain, payment gateway juga mampu menunjang keamanan sistem dengan baik. Data-data pelanggan bisa terjaga optimal melalui enkripsi, sertifikasi, dan standar keamanan lainnya.

Banyak payment gateway yang kaya akan fitur keamanan. Misalnya saja fitur deteksi fraud yang mampu mencegah kecurangan akses. Dengan adanya payment gateway, maka konsumen bisa lebih puas dengan pengalamannya menggunakan marketplace.

Mengapa Web E-Commerce Memerlukan Payment Gateway?

Adanya payment gateway memungkinkan sistem pembayaran diotorisasi sehingga bisa menunjang keamanan akses. Untuk menunjang ekosistem e-commerce yang efisien, leluasa, dan aman, payment gateway punya peran sangat krusial. Berikut ini beberapa poin yang menjelaskan mengapa integrasi payment gateway dengan e-commerce itu sangat penting.

– Untuk peningkatan konversi e-commerce

Setiap e-commerce tentunya menginginkan konversi tinggi. Dari beragamnya opsi metode transaksi yang terintegrasi, pelanggan bisa leluasa membayar pesanan mereka. Mereka bisa memilih salah satu dari banyaknya opsi metode pembayaran. E-commerce bahkan bisa mendapatkan konversi berkali-kali lipat jika unggul dari segi metode pembayaran tersebut.

Dari sisi pelanggan, mereka mungkin tidak ingin melanjutkan pembayaran jika metode yang mereka punya tidak terdaftar pada platform. Misal saja pelanggan ingin membayar melalui e-wallet sedangkan web terkait tidak menerapkan payment gateway. Maka mereka bisa bingung untuk membayar dan mungkin tidak berniat membayar secara manual.

– Tidak harus mendaftar ke banyak bank

Adanya teknologi payment gateway membuat pelaku e-commerce tidak harus lagi mendaftar ke banyak bank. Mereka tidak perlu punya rekening bank yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan pembayaran pelanggan. Ciri dari payment gateway adalah penerimaan pembayaran transaksi dari berbagai metode atau lembaga keuangan.

Pembayaran nantinya akan dilanjutkan ke hanya satu rekening sehingga jauh lebih memudahkan. Dengan kata lain, bisnis bisa memperluas lagi cakupan bisnis mereka. Pelanggan yang belum mempunyai rekening bank, bisa tetap melakukan transaksi pembayaran.

– Efisiensi tinggi berkat otomatisasi canggih

Cara kerja payment gateway bisa dibilang sangat canggih karena banyak teknologi mumpuni yang digunakan. Untuk mempermudah pelaku bisnis mengelola e-commerce mereka, integrasi payment gateway biasanya memiliki fitur dashboard. Fitur inilah yang memungkinkan pebisnis merekonsiliasi penjualan.

Mereka bisa mengecek refund dana, mencari tahu detail informasi pelanggan, menganalisis laporan penjualan, dan lain sebagainya. Pebisnis bisa lebih mudah mengidentifikasi setiap dana masuk. Sementara untuk metode konfirmasi transaksi dan sebagainya umumnya dilakukan secara otomatis sehingga lebih praktis.

Pembayaran oleh pelanggan akan diproses otomatis, lalu jika berhasil, maka akan dikirim notifikasi. Seluruh proses tersebut berjalan otomatis sehingga sangat efisien.

– Sistem pembayaran yang aman

Pentingnya integrasi payment gateway dengan e-commerce tidak lepas juga dari pembayaran yang aman. Baik itu pelanggan maupun pebisnis/ pedagang, tidak perlu khawatir akan keamanan payment gateway berkat sistem enkripsi yang canggih. Seluruh data-data pelanggan yang sensitif akan dijaga dari penyalahgunaan atau pencurian data.

Meski begitu, perlu tilik kembali layanan payment gateway yang Anda pilih apakah itu aggregator yang resmi atau tidak. Beberapa orang mungkin khawatir dengan transaksi digital tapi sekarang sudah tidak dengan payment gateway yang aman. Bahkan gateway pembayaran ini bukan hanya sekadar aman saja tapi bisa berlangsung beberapa detik saja.

Sedangkan pada kasus pembelian manual, antar pihak harus menunggu waktu yang lebih lama. Belum lagi dengan pembuatan nota pembelian secara manual yang merepotkan. Anda bisa saja membutuhkan banyak waktu untuk mengurus satu transaksi jika dengan cara manual.

Bagaimana Cara Integrasi Gateway Pembayaran?

Ada langkah-langkah tertentu yang perlu dilakukan agar integrasi payment gateway dengan e-commerce bisa dilakukan. Secara umum, berikut beberapa tahap mengintegrasikan payment gateway:

– Menentukan payment gateway terlebih dahulu

Pemilihan payment gateway perlu secara selektif baik dari segi legalitas, fitur, channel pembayaran, dan aspek lain sebagainya. Coba untuk evaluasi secara komprehensif dan bisa juga Anda bandingkan satu payment gateway dengan yang lainnya. Jangan lupa juga untuk memastikan integrasinya bisa dilakukan dengan mudah.

– Menyiapkan akun merchant

Pebisnis e-commerce memerlukan rekening atau akun khusus untuk pedagang. Beberapa provider payment gateway mungkin menawarkan akun merchant. Tapi ada juga yang diatur secara terpisah sehingga kita harus mengelolanya sendiri. Intinya, akun merchant harus tersedia sebelum mengintegrasikan gateway pembayaran ke e-commerce

– Menggunakan API yang disediakan

Biasanya payment gateway menyediakan layanan API sebagai bentuk support integrasi layanan perantara pembayaran itu sendiri. Selain dalam bentuk API, bisa juga mereka menyediakannya dalam bentuk SDK. Anda bisa mengelola detail integrasi menggunakan sumber daya tersebut.

Agar bisa didapat hasil yang relevan, Anda perlu terbiasa dengan API tersebut. Sesuaikan metode dan sistem ideal untuk integrasi payment gateway dengan e-commerce.

– Pengujian

Pengujian perlu dilakukan sebelum payment gateway benar-benar diterapkan pada e-commerce. Uji ini diperlukan agar transaksi bisa dipastikan dapat berjalan lancar nantinya tanpa kendala serius. Cukup banyak aspek yang harus diperhatikan selama menguji fungsi payment gateway.

Perhatikan seberapa lama waktu yang dibutuhkan dalam memproses transaksi karena ini berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Aspek lainnya yaitu seperti apa suatu kesalahan ditangani, desain interface, metode pembayaran, dan pengalaman pengguna lainnya.

Anda harus memastikan tiap ditemukan masalah tertentu salam uji, harus diatasi secara optimal. Jika sudah benar-benar diatasi, maka payment gateway baru layak diaplikasikan.

Sebagai solusi ideal integrasi payment gateway, Anda bisa andalkan layanan dari Paydisini. Inilah aggregator payment gateway terpercaya dengan performa terbaik dan harga layanan yang terjangkau. Paydisini mampu menawarkan integrasi API yang memudahkan, pembayaran lengkap, dan menyediakan CS yang aktif 24 jam. Demikian pembahasan seputar integrasi payment gateway dengan e-commerce, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *