Langkah-langkah Membuat Akun Payment Gateway, Begini Caranya

Bagi Anda yang menjalankan bisnis e-commerce, perlu pertimbangkan penggunaan payment gateway untuk memperlancar transaksi pembayaran. Agar Anda bisa menggunakan layanan payment gateway dengan fitur-fiturnya, Anda tentu perlu membuat akun terlebih dahulu. Simak artikel berikut ini mengenai langkah-langkah membuat akun payment gateway.

Apa Saja Langkah-langkah Membuat Akun Payment Gateway?

Tiap payment gateway bisa saja berbeda cara penggunaannya. Mengingat semakin tingginya angka transaksi digital di Indonesia, sekarang sudah terdapat beragam pilihan payment gateway. Pastikan gateway yang Anda pilih mampu memenuhi kebutuhan bisnis Anda baik dari segi keamanan, kemudahan akses, dan sebagainya.

Meski antar tiap payment gateway bisa berbeda cara mendaftar akunnya, secara umum kurang lebih seperti berikut:

– Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi link website provider payment gateway terkait.

– Masuk ke bagian pendaftaran akun atau registration

– Pada saat mendaftar, biasanya Anda perlu mengisi nama e-commerce atau bisnis, nama pemilik bisnis. Anda juga perlu input data-data pribadi pada umumnya mulai dari nomor handphone, alamat e-mail, dan kata sandi. Pastikan kembali setiap data sudah di-input dengan benar, lalu klik tombol Register yang tersedia.

– Tunggu pesan email verifikasi, dan Anda harus verifikasi email tersebut, klik pada link atau tombol yang tersedia agar bisa verifikasi pendaftaran

– Dalam langkah-langkah membuat akun payment gateway, akan membutuhkan dokumen-dokumen tertentu. Anda perlu mencatat syarat terlebih dahulu menyiapkan dokumen tersebut agar bisa menyelesaikan registrasi akun. Persyaratan dokumen bisa saja berbeda untuk keperluan badan usaha dengan atas nama individu.

– Kirim atau upload dokumen yang diperlukan baik itu KTP, NPWP e-commerce/bisnis, akta-akta, SK, dan lain sebagainya.

– Selain mengisi data dokumen-dokumen, Anda perlu juga isi data seputar bisnis terkait secara lebih mendetail. Anda perlu input data-data seperti area penjualan bisnis, web bisnis, kategori bisnis, dan detail lain sebagainya.

– Agar bisnis Anda bisa menerima pembayaran dari transaksi pelanggan, Anda perlu input juga data rekening.

Langkah-langkah membuat akun payment gateway kurang lebih seperti itu. Jika ada data-data yang masih kurang, Anda perlu melengkapinya agar bisa diverifikasi sepenuhnya. Semisal nama owner dan pemilik rekening berbeda, Anda bisa saja harus melakukan langkah verifikasi tambahan tertentu.

Semua data-data bisnis ada pada dashboard baik itu data transaksi, penarikan dana, dan lain sebagainya.

Panduan Integrasi Payment Gateway

Jika Anda sudah memahami caranya mendapatkan akun payment gateway, selanjutnya Anda perlu tahu juga bagaimana cara mengintegrasikannya. Integrasi gateway bisa berpengaruh kepada banyak aspek termasuk kenyamanan akses pelanggan, dan efisiensi keseluruhan.

Sebelum melakukan integrasi maupun pendaftaran akun payment gateway itu sendiri, Anda harus memastikan provider terbaik. Lebih baik Anda perlu lebih selektif dalam memilih payment gateway. Dengan kata lain, pertimbangan banyak aspek saat menentukan platform gateway tersebut.

Mempertimbangkan biaya tentunya merupakan aspek penting dan tiap gateway bisa saja punya biaya-biaya berbeda. Lebih baik bandingkan antar tiap penyedia gateway lalu pilih yang paling sesuai dengan budget bisnis Anda.

Mempertimbangkan fitur yang disediakan juga sangat penting dalam pemilihan payment gateway.Antar tiap gateway bisa punya fitur berbeda-beda sehingga Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan spesifik e-commerce Anda.

Lalu yang tidak kalah penting adalah memastikan payment gateway tersebut mampu mendukung integrasi yang mudah. Dengan begitu, maka Anda tidak perlu butuh banyak waktu untuk mengintegrasikan payment gateway tersebut. Jika Anda butuh bantuan dalam integrasi tersebut, Anda bisa akses dukungan pelanggan dari provider terkait.

Sebelum melakukan integrasi, pastikan akun Anda sudah terdaftar melalui langkah-langkah membuat akun payment gateway yang sudah dijelaskan di atas. Jika sudah, maka Anda perlu mendapatkan akses API. API key dibutuhkan agar integrasi gateway bisa Anda lakukan ke web e-commerce.

Sama halnya dengan bervariasinya fitur, cara integrasi tiap payment gateway bisa saja berbeda satu sama lain. Tapi Anda tidak perlu khawatir, tiap penyedia gateway akan memberikan panduan integrasi. Setelah melalui berbagai proses integrasi, Anda perlu melakukan uji coba terlebih dahulu.

Pengujian integrasi tersebut dibutuhkan agar fungsi payment gateway bisa berjalan tanpa kesalahan.

Apa Saja Manfaat Membuat Akun Payment Gateway?

Meski manfaat dari gateway pembayaran ini sangat berarti bagi e-commerce tapi langkah-langkah membuat akun payment gateway cukup mudah. Lalu apa saja manfaat penting dari payment gateway tersebut? Berikut beberapa di antaranya:

– Mampu memastikan transaksi berjalan cukup aman

Transaksi digital merupakan hal yang biasa sekarang ini dan di dalam transaksi tersebut terdapat potensi-potensi kejahatan siber. Salah satunya adalah penyalahgunaan data pribadi yang bisa berujung pada kerugian pihak tertentu. Maka dari itu, perlu teknologi canggih untuk memastikan keamanan transaksi tersebut.

Payment gateway menjalankan fungsinya dengan berbagai teknologi keamanan yang kuat, salah satunya yaitu enkripsi data. Tersedianya berbagai lapisan keamanan dari gateway ini membuat tiap informasi pelanggan bisa terjaga dengan baik setelah transaksi dilakukan.

Penipuan yang merugikan pelanggan bisa dicegah sekaligus melindungi bisnis Anda akan pelanggaran keamanan. Bisnis atau e-commerce yang bisa diandalkan keamanan transaksinya pun bisa mendapatkan kredibilitas.

– Meningkatnya angka penjualan bisnis

Menggunakan payment gateway terpercaya dengan fungsi optimal bisa membuat Anda mengharapkan peningkatan penjualan. Karakteristik dari fungsi gerbang pembayaran ini adalah bagaimana inovasi ini bisa membuat prosedur pembayaran lebih simple.

Mudahnya dan cepatnya melakukan pembayaran bisa membuat pelanggan tidak perlu mempertimbangkan lagi untuk menyelesaikan pembelian. Ke depannya jika performa payment gateway dijaga dengan baik, maka bisa meningkatkan penjualan.

– Membantu pemantauan data bisnis

Anda bisa mengandalkan fitur-fitur pada platform payment gateway untuk memantau berbagai data bisnis, misalnya seperti data transaksi. Dari data-data yang disediakan oleh gateway, bisa membantu Anda melakukan analisis data bisnis.

Ketahui tren pembelian, karakteristik perilaku costumer, dan sebagainya. Lalu pada akhirnya dengan hasil analisis tersebut, Anda bisa mengambil keputusan paling ideal.

– Pembayaran yang lebih fleksibel

Adanya payment gateway bisa memungkinkan pembayaran dilakukan melalui berbagai macam metode. Bukan hanya kartu bank saja, transfer VA, e-wallet, QRIS, dan metode lainnya juga memungkinkan dilakukan. Ketersediaan metode pembayaran yang lengkap tersebut bisa menunjang fleksibilitas transaksi.

Selain beberapa manfaat di atas, payment gateway juga bisa mengendalikan risiko dari transaksi digital. Beberapa gateway disertai dengan tools untuk menunjang risk management. Anda bisa lebih mudah mendeteksi aktivitas tertentu yang tidak biasa atau mencurigakan.

Pada akhirnya bisnis anda bisa terhindar dari transaksi tidak sah seperti transaksi yang tidak dilakukan oleh pemilik akun aslinya. Intinya payment gateway akan membantu menunjang efisiensi operasional bisnis seperti e-commerce. Inovasi ini bisa menunjang juga kepuasan pelanggan karena tersedia akses pembayaran cepat dan fleksibel.

Jika Anda membutuhkan solusi integrasi gateway pembayaran yang optimal, anda bisa andalkan layanan dari Paydisini. Inilah aggregator payment gateway yang legal, menyediakan integrasi mudah, dan pembayaran lengkap. Langkah-langkah membuat akun payment gateway di Paydisini juga memudahkan dan tersedia tim support 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *