Pemilihan Payment Gateway yang Tepat, Perhatikan Hal-hal Ini

Adanya payment gateway membuat transaksi pembayaran bisa diotorisasi secara optimal. Bukan hanya berperan penting untuk keamanan pembayaran digital saja, tapi membuat prosesnya menjadi jauh lebih efisien.

Sekarang, sudah semakin banyak aggregator atau perusahaan payment gateway yang bisa kita pilih. Untuk pemilihan payment gateway yang tepat, anda bisa simak pembahasan berikut ini.

Pentingnya Memilih Payment Gateway Terbaik

Bagi beberapa orang, mungkin masih bingung dengan apa itu payment gateway. Sistem payment gateway bekerja dengan menjadi perantara transaksi pembayaran antara web bisnis online dengan lembaga keuangan. Apa pun itu metode yang dipakai untuk pembayaran, pelanggan bisa bertransaksi dengan cepat dan aman.

Pedagang pun juga bisa secara aman menerima pembayaran dari pelanggan tanpa banyak hambatan. Adanya payment gateway juga bisa mencakup skala seluruh dunia. Keamanan payment gateway bisa terjamin, jika ada potensi pelanggaran atau penyalahgunaan, maka transaksi akan dibatalkan.

Pemilihan payment gateway yang tepat bukan hanya aman dan lengkap metode pembayarannya, tapi fiturnya sesuai kebutuhan juga. Bisa saja gateway tertentu punya fitur tertentu tapi kita tidak terlalu membutuhkannya sehingga dapat membebani budget.

Cari tahu terlebih dahulu kebutuhan bisnis anda apa saja dalam penanganan pembayaran digital ini. Beberapa perusahaan bahkan tidak punya legalitas memadai sehingga bukan termasuk penyedia layanan payment gateway secara resmi. Maka dari itu, memilih payment gateway lebih baik secara lebih selektif.

Tips Pemilihan Payment Gateway yang Tepat

Berikut pertimbangan-pertimbangan penting dalam pemilihan payment gateway yang tepat

– Pastikan tersedia beragam channel payment

Sebelum memilih payment gateway, pastikan platform tersebut menyediakan beragam metode pembayaran. Sekarang, sudah semakin beragam metode pembayaran secara non tunai. Payment gateway yang Anda pertimbangkan harus mencakup pembayaran kartu dan metode lain yang sering digunakan.

Seperti yang kita tahu, pembayaran melalui E-Wallet dan QRIS sangat populer sehingga payment gateway harus mengakomodasi metode tersebut. Jika channel pembayarannya bervariasi, maka pelanggan akan lebih mudah bertransaksi. Pada akhirnya bisnis Anda bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

Pada dasarnya sifat payment gateway itu sendiri adalah fleksibel. Maka dari itu, sudah sepatutnya payment gateway punya akses pembayaran beragam.

– Sistem keamanannya harus cukup memadai

Pastikan juga payment gateway pilihan Anda punya sistem keamanan mutakhir. Dalam lingkup payment gateway, nilai uangnya sudah pasti tidak sedikit sehingga perlu dipastikan keamanannya. Lebih baik jangan hanya fokus pada biaya murah saja.

Alih-alih menghemat, pastikan platform terkait punya sistem keamanan yang tidak asal-asalan. Berinvestasi pada platform payment gateway yang punya sistem keamanan kuat adalah pertimbangan utama. Untuk jangka panjang, bisnis bisa memiliki potensi keuntungan tinggi termasuk meminimalisir risiko juga.

Jadi, mulai dari mengecek standar keamanan apa saja yang diterapkan pada payment gateway terkait. Cek enkripsi datanya seperti apa termasuk standar PCI DSS. Dalam prosesnya, payment gateway akan menggunakan serta menyimpan data pelanggan. Maka sudah sepatutnya, suatu payment gateway perlu punya sistem keamanan memadai.

– Customer support aktif 24 jam

Jangan lupa juga untuk cek bagaimana layanan CS mereka. Apa pun itu layanan teknologi komersial, pastinya bisa terjadi gangguan. Dalam prosesnya, pembayaran melalui gateway bisa saja mengalami kesalahan teknis.

Pada saat gangguan tersebut terjadi, harus ada petugas customer support yang bisa diandalkan sehingga kepuasan pelanggan bisa tetap terjaga. Sementara masalah akses pembayaran itu sendiri bisa terjadi kapan pun, CS harus aktif 24 jam. Bukan hanya harus selalu aktif, tapi juga harus responsif.

CS perusahaan payment gateway harus bisa melayani secara tanggap agar bisa segera memberikan solusi. Jika transaksi yang tertunda atau masalah lainnya sering terjadi, tentunya bisa berdampak buruk terhadap citra bisnis.

– Punya stabilitas baik

Maksud dari stabilitas di sini yaitu bisa diandalkan meski dalam waktu-waktu yang ramai. Arus transaksi intens sangat memungkinkan dalam sistem payment gateway. Maka dari itu, pastikan platform atau aggregator terkait punya stabilitas memadai.

– Punya kompatibilitas tinggi

Memastikan sistem yang cukup kompatibel adalah aspek utama lain dalam pemilihan payment gateway yang tepat. Cek apakah gateway pilihan Anda sudah sesuai dengan platform yang Anda gunakan atau tidak. Gateway tertentu bisa saja khusus dirancang untuk platform yang terbatas saja. Pada umumnya, mengecek kompatibilitas payment gateway bisa memakai API atau memakai plugin tertentu.

– Pencairan dana atau payout efektif

Memilih payment gateway juga harus yang mampu mendukung sistem payout efektif agar kita tidak perlu waktu lama untuk mencairkan dana. Beberapa payment gateway mungkin butuh waktu lebih lama untuk memproses payout tersebut. Sementara beberapa yang lain bisa melakukannya secara instan sehingga bisa menghemat waktu pengguna.

Banyak bisnis yang perlu memakai dana kembali agar bisa diputar menjadi modal. Bisnis akan kesusahan jika dana cair dalam waktu yang lama. Untuk kebutuhan perkembangan bisnis, pencairan dana cepat dari payment gateway berperan sangat penting.

– Pastikan sistem harganya transparan dan sesuai budget bisnis

Pertimbangan penting lain adalah seputar biaya. Rencanakan biaya dengan baik agar penggunaan payment gateway tidak membebani bisnis Anda. Pertama-tama cari tahu detail daftar biaya dari provider, perusahaan, atau aggregator terkait. Pastikan harga yang ditawarkan jelas atau tidak ada yang disembunyikan. Sudah seharusnya biaya tidak ada lagi setelah pemasangan.

– Integrasi yang memudahkan

Untuk menunjang pengalaman pembayaran terbaik, payment gateway sudah seharusnya memiliki sistem integrasi yang memudahkan. Pelanggan pun bisa cukup puas dengan pengalaman mereka saat bertransaksi dengan bisnis Anda.

Tidak semua platform mampu menyediakan integrasi yang mudah. Tenaga IT yang berpengalaman berperan penting untuk menunjang suatu payment gateway bisa punya integrasi memadai.

– Punya legalitas resmi dan reputasi yang baik

Agar bisa memastikan suatu payment gateway aman digunakan, coba cek kembali legalitasnya. Dengan adanya izin resmi, berarti bisa dipastikan platform tersebut aman diakses. Legalitas merupakan salah satu standar utama payment gateway sehingga jangan lupa untuk memeriksanya.

Setelah memeriksa legalitas, cari tahu juga reputasi payment gateway terkait. Reputasi yang baik berarti menandakan gateway tersebut mampu memberikan layanan terbaik. Coba cari tahu reputasi payment gateway dari segi dukungan teknis/ customer service, stabilitas, dan aspek lain sebagainya.

Itulah beberapa pertimbangan penting pemilihan payment gateway yang tepat agar bisa mendukung transaksi pembayaran yang efisien, mudah, dan aman. Untuk mengintegrasikan website bisnis dengan payment gateway secara optimal dan mudah, Paydisini bisa Anda andalkan.

Lalu apa itu Paydisini? Inilah salah satu payment gateway aggregator terbaik di Indonesia. Mereka bisa menawarkan solusi integrasi payment gateway secara menyeluruh dan optimal. Mengingat kebutuhan tiap bisnis bisa bervariasi, Paydisini mampu menyesuaikan beberapa aspek integrasi agar cocok dengan visi bisnis anda.

Memilih payment gateway lebih baik tidak boleh sembarangan karena bisa berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Demikian artikel kali ini seputar pemilihan payment gateway yang tepat, semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *