Pengertian Payment Gateway: Panduan Lengkap untuk Pemula

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan setiap orang untuk berbelanja dan membeli segala jenis kebutuhan sehari-hari dengan sangat praktis dari mana pun dan kapan pun, tanpa perlu mengunjungi langsung toko fisiknya. Hal ini berkat semakin banyaknya e-commerce dan toko online yang beroperasi hingga saat ini dengan pengertian payment gateway yang membantu dalam hal pembayaran yang dilakukan secara digital.

 Selain itu, toko online juga memungkinkan Anda untuk membayar belanjaan yang telah Anda beli tersebut dengan mudah melalui payment gateway. Sebenarnya, apa itu pengertian dari payment gateway itu sendiri? Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak pembahasan lengkap beserta cara kerja dari payment gateway melalui artikel di bawah ini.

Pengertian dari Payment Gateway

Dengan kemudahan teknologi finansial atau dikenal juga dengan istilah fintech, Anda dan banyak orang dapat melakukan pembayaran dengan mudah secara digital. Dari segi pengertian, payment gateway atau gerbang pembayaran merupakan sarana penghubung di antara dua aspek, yaitu e-commerce atau toko online dengan bank maupun instansi keuangan yang menjembatani pembayaran online atau digital.

Secara garis besar, pembayaran online atau digital merupakan salah satu metode dalam pembayaran dengan menggunakan sistem yang menjamin keamanan dalam bertransaksi dan terkesan lebih mudah serta praktis. Dari pengertian payment gateway tersebut, Anda tidak perlu khawatir terhadap keamanan data pribadi Anda karena sistem yang digunakan telah menggunakan teknologi enkripsi yang sangat canggih.

Kehadiran payment gateway sedikit banyak membawa perubahan yang cukup signifikan dalam metode pembayaran serta menawarkan salah satu alternatif pembayaran yang tak hanya praktis namun juga cepat. Faktanya, pembelian melalui e-commerce atau toko online semakin meningkat seiring berjalannya waktu, berkat payment gateway yang membuat pembayaran menjadi lebih cepat dan gampang.

Cara Kerja dari Payment Gateway

Dalam prosesnya, payment gateway diketahui memiliki tata cara kerja dalam pembayaran yang Anda lakukan. Untuk memberikan Anda wawasan dan pengetahuan yang lebih luas akan hal tersebut, berikut ini rentetan cara kerja dari payment gateway yang perlu Anda ketahui lebih lanjut.

1. Pemilihan barang yang hendak Anda beli di e-commerce atau toko online

Selain memahami pengertian payment gateway, tidak ada salahnya Anda mengetahui proses atau cara kerja dari payment gateway itu sendiri. Cara kerja yang pertama adalah Anda memilih produk atau barang yang ingin Anda beli dalam sebuah toko online maupun e-commerce yang Anda gunakan. Setelahnya Anda akan diminta memilih opsi pembayaran yang ingn dilakukan sebelum dialihkan ke proses selanjutnya.

2. Anda akan segera diarahkan menuju ke halaman payment gateway

Tak berselang lama, Anda akan segera dialihkan menuju ke halaman payment gateway. Halaman ini umumnya menggunakan antarmuka pengguna dengan desain yang mudah digunakan oleh siapa saja. Di sini terdapat berbagai informasi yang mungkin Anda butuhkan, mulai dari nama dari toko online tempat Anda membeli barang atau produk, total harga yang harus Anda bayarkan, opsi pembayaran yang dipilih hingga form yang harus Anda isi sesuai informasi pembayaran yang ada.

3. Memilih opsi pembayaran yang dikehendaki

Biasanya, pembayaran digital menawarkan berbagai macam metode dan opsi pembayaran sesuai dengan keinginan dari para pembeli. Proses selanjutnya yang harus Anda lalui adalah memilih opsi pembayaran yang Anda mau dari beberapa pilihan yang tersedia. Beberapa pilihan opsi pembayaran tersebut antara lain melalui bank, kartu debit atau kredit hingga dompet digital.

4. Memasukkan informasi pembayaran ke dalam form yang disediakan

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi pembayaran yang ada ke dalam sebuah formulir yang sudah disediakan di dalam halaman payment gateway tersebut. Informasi pembayaran yang dimaksud meliputi nomor rekening yang Anda gunakan, nomor kartu kredit hingga nomor dan pin dompet digital sesuai opsi pembayaran yang Anda gunakan. Pastikan Anda mengisi informasi pembayaran dengan benar dan teliti.

5. Proses otorisasi ke bank atau instansi terkait

Berdasarkan pengertian payment gateway, proses atau cara kerja yang berikutnya adalah meminta otorisasi ke bank maupun instansi terkait sesuai dengan opsi pembayaran yang Anda pilih sebelumnya. Bisa dikatakan jika proses yang satu ini menunjukkan berhasil atau tidaknya pembayaran digital yang Anda lakukan tergantung dari respons maupun jawaban bank atau lembaga dan instansi terkait.

6. Proses verifikasi dilakukan oleh bank dan instansi terkait

Pada proses verifikasi ini, bank atau lembaga dan instansi terkait akan melakukan pengecekan menyeluruh mulai dari ketersediaan dana yang mencukupi hingga apakah metode dan opsi pembayaran yang Anda gunakan valid atau tidak. Jika proses verifikasi berhasil dilakukan, maka proses dapat dilakukan menuju ke tahapan yang selanjutnya.

7. Hasil verifikasi diterima payment gateway dan diteruskan ke toko online

Kemudian, hasil verifikasi yang telah berhasil tersebut akan diberikan langsung dari bank atau otoritas terkait kepada payment gateway. Tak berlangsung lama setelah payment gateway menerimanya, hasil verifikasi akan diteruskan ke e-commerce atau toko online untuk tahap penyelesaian transaksi yang Anda lakukan di toko online tersebut.

8. Proses penyelesaian transaksi

Setelah proses verifikasi berhasil dilakukan dan hasilnya diterima oleh e-commerce atau toko online yang Anda gunakan, pengertian payment gateway menuju tahapan akhir yaitu proses penyelesaian dari transaksi yang telah Anda lakukan tersebut. Jika proses sudah memasuki tahap ini, Anda hanya perlu menunggu sampai toko online atau e-commerce memberikan konfirmasi atas pembayaran yang telah Anda lakukan.

9. Toko online memberikan konfirmasi pembayaran

Tak lama sesudahnya, toko online atau e-commerce akan segera mengirimkan konfirmasi pembayaran kepada Anda atau pembeli yang telah bertransaksi di toko online atau e-commerce tersebut. Konfirmasi pembayaran yang Anda terima umumnya berisi tentang status pembayaran mengenai berhasil atau tidaknya pembayaran yang Anda lakukan, jumlah total yang Anda bayarkan, nomor pembayaran hingga rincian produk atau barang yang Anda beli di toko online atau e-commerce tersebut.

10. Menunggu proses pengiriman hingga sampai ke alamat tujuan

Setelah konfirmasi pembayaran telah Anda terima, proses terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menunggu jalannya proses pengemasan dan pengiriman hingga barang sampai ke alamat tujuan Anda. Barang atau produk yang Anda beli umumnya akan sampai ke alamat tujuan tergantung jarak kirim antara alamat toko online tersebut dengan alamat tujuan pengiriman atau rumah Anda masing-masing.

Kesimpulannya, pengertian payment gateway bisa dikatakan sebagai salah satu sarana yang menjadi penghubung antara sebuah e-commerce atau toko online dengan otoritas keuangan yang ada seperti bank atau instansi terkait lainnya. Bagi Anda yang gemar melakukan transaksi online tentu ingin jaminan keamanan dalam bertransaksi, Paydisini bisa menjadi salah satu alternatif aggregator payment terbaik yang bisa Anda pilih demi kenyamanan dan keamanan Anda saat berbelanja online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *