Perbandingan Payment Gateway Lokal dan Internasional/Global

Payment gateway berfungsi sebagai gerbang pembayaran agar transaksi bisa berjalan aman, praktis, dan fleksibel. Ada dua macam jenis payment gateway yaitu yang cakupannya lokal dan yang internasional.

Untuk memperluas jangkauan pasar ke internasional, payment gateway internasional sangat dibutuhkan. Kali ini kita akan membahas perbandingan payment gateway lokal dan internasional.

Mengenai Payment Gateway Lokal & Internasional

Jika suatu bisnis ingin memperluas jangkauan pasar mereka, maka mereka harus menyiapkan sistem untuk memproses pembayaran internasional tersebut. Supaya lebih efisien, payment gateway bisa diandalkan untuk menangani kebutuhan pembayaran tersebut.

Berbeda dengan gateway lokal, gateway internasional punya sejumlah fitur tertentu yang diperlukan untuk pembayaran internasional. Anda harus menentukan terlebih dahulu apakah bisnis anda mencakup skala lokal saja atau hingga global. Sama halnya dengan payment gateway lokal, yang internasional juga punya berbagai jenis. Masing-masing payment gateway punya kelebihan tersendiri bahkan bisa berbeda dari fitur-fiturnya.

1. Payment Gateway Internasional

Pada dasarnya, payment gateway digunakan untuk kebutuhan validasi detail transaksi agar tidak terjadi penyalahgunaan data. Bukan hanya untuk keamanan, payment gateway juga untuk membuat transaksi tersebut berlangsung lebih cepat. Tapi bagaimana jika transaksi dilakukan antar dua negara yang berbeda?

Solusinya adalah menggunakan payment gateway yang mampu mencakup transaksi lintas negara. Semakin majunya teknologi gateway pembayaran, membuat gateway internasional memiliki sejumlah fitur canggih untuk keamanan transaksi antar negara. Bukan hanya mampu menunjang pembayaran multi mata uang saja tapi juga punya fitur yang ramah-global.

Salah satu perbandingan payment gateway lokal dan internasional adalah seperti antarmuka sistem payment gateway yang dibuat pilihan bahasa lengkap. Dengan begitu, maka tidak akan menghambat setiap pengguna yang menggunakan layanan gateway tersebut.

2. Payment Gateway Lokal

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, mungkin lebih sering menggunakan layanan payment gateway lokal dibandingkan yang internasional. Setiap harinya jumlah transaksi yang menggunakan gateway lokal ini sangat banyak dan semakin meningkat. Dari makin intensnya pembayaran digital di Indonesia, secara otomatis membuat payment gateway bekerja lebih sering juga.

Setiap transaksi tersebut harus melalui ‘gerbang’ yang dapat mengotorisasi dan menvalidasi pembayaran agar tetap aman. Tanpa adanya gateway pembayaran lokal ini, maka akan sangat memungkinkan terjadinya kasus penyalahgunaan data. Maka dari itu, peran payment gateway sangat krusial dalam menunjang transaksi digital.

Mereka yang melakukan transaksi benar-benar bisa dipastikan merupakan pemilik akun resminya bukan pihak lain. Hadirnya payment gateway ini sendiri berasal dari keterbatasan transaksi manual termasuk saat memakai kartu bank. Tingkat penggunaan pembayaran lokal pada dasarnya lebih tinggi dari pembayaran secara internasional.

Maka dari itu, perbandingan payment gateway lokal dan internasional yaitu gateway lokal yang lebih sering diandalkan di Indonesia. Biasanya gateway lokal ini digunakan untuk menunjang transaksi pembayaran e-commerce atau bisnis online. Di 2024 ini, sudah seharusnya bisnis-bisnis mulai merambah ke transaksi digital.

Sementara agar transaksi tersebut bisa berjalan tanpa kendala dan berlangsung lebih cepat, pebisnis bisa memanfaatkan layanan payment gateway. Baik itu payment gateway yang mencakup skala pembayaran internasional maupun lokal, keduanya sama-sama berperan penting.

Apa Saja Kelebihan Payment Gateway Internasional?

Fungsi utama dari gateway pembayaran internasional adalah mengakomodasi transaksi lintas batas agar tetap aman dan berlangsung secara efisien. Berbagai fitur mereka sediakan agar membuat pembayaran global lebih sederhana. Pada dasarnya pembayaran lintas global memiliki faktor dan mekanisme kompleks.

Pembayaran lokal lebih simple dibandingkan lintas negara karena lebih banyak aspek yang harus diperiksa dan divalidasi. Meski kompleks, tapi payment gateway ini mampu merampingkan prosedurnya sehingga hasilnya lebih efisien. Untuk memahami lebih lanjut mengenai perbandingan payment gateway lokal dan internasional, simak beberapa poin berikut:

– Mampu menjangkau pembayaran global

Karakteristik utama adalah payment gateway ini adalah jangkauannya yang bisa sampai global. Dengan kata lain, payment gateway ini bisa mengakomodasi kebutuhan keamanan, dan kelancaran transaksi antar negara.

Adanya inovasi gateway ini membuat kita bisa menerima pembayaran meski pelanggan dari negara mana pun. Jika Anda ingin membuka pasar bisnis baru atau memperluas pasar, maka payment gateway ini sangat bisa diandalkan.

– Bisa mengonversi mata uang

Fitur-fitur payment gateway internasional ditujukan untuk memenuhi kebutuhan transaksi antar negara yang berbeda. Salah satu layanan utama yang mereka sediakan yaitu mampu mengkonversi mata uang bahkan secara otomatis. Otomatisasi itu sendiri merupakan sistem yang wajar ada pada inovasi fintech yang canggih ini.

Lalu apa manfaat dari konversi ini? Pelanggan tentunya bisa melakukan pembayaran dengan mata uang yang mereka pilih sendiri. Perbedaan mata uang sudah bukan menjadi hambatan lagi untuk transaksi pembayaran.

– Memprioritaskan keamanan secara internasional

Mengingat ini adalah layanan keamanan pembayaran, sudah pasti keamanan menjadi prioritas payment gateway. Tapi platform ini mampu menerapkan standar keamanan lalu lintas data internasional. Dengan kata lain, standar keamanannya lebih ketat baik itu dari enkripsi, maupun standar sertifikatnya.

Semua itu dibutuhkan supaya bisa mencegah tindak penipuan yang menggunakan data pribadi secara ilegal. Semakin meningkatnya performa payment gateway internasional membuat banyak orang lebih percaya melakukan transaksi lintas negara.

Selain beberapa keunggulan di atas, gateway internasional ini juga mampu menawarkan integrasi canggih dengan berbagai platform. Untuk mengembangkan bisnis global secara efisien, gateway ini bisa memberikan manfaat yang berharga. Bukan hanya punya banyak nilai plus saja, ada tantangan tertentu dalam sistem gateway internasional ini.

Misalnya dari biayanya, layanan gerbang payment berskala global ini mungkin saja membebankan lebih besar biaya untuk tiap transaksinya. Jika tidak direncanakan dengan baik, bisa saja biaya besar tersebut mengganggu keuntungan bisnis Anda. Bagi pebisnis yang punya volume transaksi tinggi, perlu perencanaan biaya yang lebih baik sebelum menggunakan layanan gateway ini.

Belum lagi dari peraturan yang lebih kompleks untuk lintas batas. Prosedur gateway pembayaran internasional harus menyesuaikan peraturan yang lebih rumit. Karena harus patuh pada persyaratan yang lebih kompleks, maka pada akhirnya bisa memakan waktu lebih banyak. Lalu tantangan lainnya adalah nilai tukar yang mungkin tidak mesti cukup menguntungkan untuk pebisnis.

Apa Saja Kelebihan Payment Gateway Lokal?

Cakupan payment gateway lokal ini hanya fokus pada satu negara saja. Maka dari itu, fokus dari gateway lokal ini lebih ke preferensi konsumen lokal saja bukan konsumen atau pasar luar negeri. Berikut beberapa kelebihan gateway lokal sebagai perbandingan payment gateway lokal dan internasional:

– Lebih hemat biaya

Umumnya, kita tidak perlu mengeluarkan lebih banyak biaya untuk setiap kesempatan transaksi menggunakan payment gateway lokal.

– Lebih dipercaya

Biasanya payment gateway lebih dipercaya, salah satu alasannya karena lebih familiar ketimbang payment internasional. Pelanggan lokal sudah biasa mendengar baik itu nama perusahaan terkait maupun prosedurnya.

– Menyesuaikan gaya budaya lokal

Antar tiap negara bisa saja punya budaya bervariasi untuk urusan transaksi pembayaran. Gateway lokal lebih fokus memenuhi preferensi atau kebutuhan pasar lokal sehingga menjadi pilihan utama banyak orang.

Agar bisa mendapatkan manfaat menyeluruh dari payment gateway, pastikan Anda memilih penyedia layanan terbaik. Paydisini dapat memberi solusi integrasi payment gateway lokal secara komprehensif. Sudah lebih dari 1.000 merchant yang bergabung dengan layanan Paydisini sehingga menunjukkan seberapa baik kredibilitasnya.

Sekian informasi seputar perbandingan payment gateway lokal dan internasional, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *