Prosedur Transaksi dengan Payment Gateway: Panduan Lengkap dan Manfaatnya

Era globalisasi seperti saat ini menawarkan berbagai kemudahan dengan pesatnya perkembangan teknologi yang ada. Kemudahan berkat perkembangan teknologi yang pesat dapat Anda rasakan dalam berbagai aspek, salah satunya dalam bertransaksi secara online atau digital. Berkat prosedur transaksi dengan payment gateway, Anda bisa berbelanja di e-commerce atau toko online kesayangan Anda dengan praktis dan mudah.

Mungkin beberapa dari Anda merasa asing dengan prosedur atau proses apa saja yang dilalui saat melakukan proses transaksi menggunakan payment gateway. Untuk memberikan Anda pemahaman yang seluas-luasnya akan hal tersebut, Anda bisa mempelajari panduan lengkap mengenai prosedur dan proses transaksi melalui payment gateway beserta manfaat apa aja yang bisa Anda peroleh.

9 Panduan Lengkap Prosedur Bertransaksi dengan Payment Gateway

Perlu Anda ketahui, adanya payment gateway dinilai sangat membantu karena mampu menjadi konektor di antara e-commerce atau toko online dengan otoritas keuangan seperti bank dan lembaga atau instansi keuangan yang lainnya dan memberi kemudahan dalam bertransaksi digital. Ada beberapa prosedur dalam bertransaksi melalui payment gateway seperti yang dapat Anda simak berikut ini.

1. Tentukan barang dan produk yang hendak dibeli

Prosedur transaksi dengan payment gateway yang pertama adalah menentukan terlebih dahulu barang atau produk yang hendak Anda beli melalui toko online atau e-commerce kesayangan Anda. Dalam tahap berikut, Anda hanya perlu memilih barang dan produk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda, lalu memasukkannya ke dalam keranjang.

2. Pilih opsi pembayaran yang diinginkan

Dalam bertransaksi online atau digital, biasanya terdapat beberapa metode atau opsi pembayaran yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Salah satu aggregator payment yang bisa menjadi rekomendasi Anda adalah Paydisini. Selain sebagai penyedia gateway payment yang aman dan terpercaya, Paydisini juga menawarkan pembayaran secara digital yang cepat dan instan.

3. Tentukan cara pembayaran yang Anda kehendaki

Cara pembayaran secara online dan digital dapat Anda lakukan melalui beberapa cara, yaitu pembayaran melalui bank, melalui kartu kredit atau kartu debit hingga menggunakan e-wallet atau dikenal juga dengan sebutan dompet digital. Pada tahapan ini, pilih dan tentukan cara pembayaran sesuai dengan kehendak Anda.

4. Tuliskan informasi pembayaran pada formulir yang tersedia

Dalam halaman payment gateway, biasanya akan disediakan sebuah formulir yang harus Anda isi sesuai dengan informasi pembayaran yang ada. Prosedur selanjutnya yang harus Anda lalui adalah mengisi dan menuliskan informasi pembayaran sesuai dengan data yang ada ke dalam formulir yang tersedia di halaman payment gateway tersebut.

5. Cek kembali informasi pembayaran sebelum mengkonfirmasinya

Sebelum Anda melakukan konfirmasi pembayaran, prosedur transaksi dengan payment gateway berikutnya adalah melakukan pengecekan kembali informasi pembayaran yang Anda isikan. Jika Anda merasa jika semua data dan informasi sudah benar, Anda dapat segera memilih konfirmasi pembayaran yang ada pada halaman tersebut.

6. Lakukan otorisasi pembayaran

Selanjutnya, ikuti petunjuk yang harus Anda lakukan untuk proses penyelesaian otorisasi pembayaran. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan mulai dari memasukkan kode OTP maupun menggunakan 3D Secure. Dalam proses ini, otoritas keuangan yang terkait akan melakukan verifikasi hingga memberikan izin dan persetujuan dalam transaksi pembayaran yang Anda lakukan.

7. Menerima konfirmasi pembayaran

Setelah proses verifikasi dan persetujuan yang dilakukan bank atau berbagai otoritas keuangan terkait lainnya telah selesai dilakukan, beberapa saat kemudian Anda akan menerima konfirmasi pembayaran yang menyatakan bahwa proses transaksi yang Anda lakukan telah berhasil dan bisa berlanjut ke tahap yang berikutnya.

8. Barang atau produk yang dipesan akan segera diproses

Tahapan selanjutnya, barang atau produk yang Anda pesan melalui toko online atau e-commerce akan segera diproses untuk dikirimkan ke alamat tujuan yang sudah Anda cantumkan. Prosedur yang satu ini akan segera dilakukan oleh toko online sesaat setelah menerima konfirmasi pembayaran dari otoritas keuangan terkait.

9. Memonitor pesanan hingga sampai ke alamat tujuan

Prosedur transaksi dengan payment gateway yang terakhir adalah melakukan pemantauan pesanan yang Anda beli dari proses pengiriman hingga sampai ke alamat yang dituju. Anda bisa memonitor atau memantau barang yang Anda pesan melalui halaman yang tersedia di toko online tempat Anda memesan produk atau barang tersebut.

Manfaat-manfaat yang Didapatkan Apabila Bertransaksi Menggunakan Payment Gateway

Kehadiran payment gateway dalam proses pembayaran dan bertransaksi sedikit banyak memberikan berbagai macam manfaat-manfaat yang cukup positif bagi Anda dan para pelanggan. Deretan manfaat positif tersebut dapat Anda lihat melalui pembahasan di bawah ini.

1. Praktis dan mudah

Transaksi dan pembayaran secara digital atau online melalui payment gateway diketahui sangatlah praktis dan memberikan kemudahan bagi Anda dan para pelanggan. Cukup dengan beberapa kali ketuk pada ponsel Anda, pembelian dan pembayaran produk maupun barang yang Anda inginkan dapat Anda lakukan tanpa perlu mengunjungi tokonya secara langsung.

2. Pilihan pembayaran yang variatif

Pembayaran secara digital atau online seperti yang Anda ketahui dapat dilakukan dengan beberapa macam pilihan pmbayaran yang variatif, mulai dari pembayaran melalui bank, kartu kredit maupun dompet digital atau e-wallet. Hal ini memungkinkan Anda bertransaksi dan melakukan pembayaran sesuai dengan alat pembayaran yang Anda miliki atau gunakan.

3. Aman dan terpercaya

Keamanan dalam pembayaran merupakan prioritas utama dalam prosedur transaksi dengan payment gateway. Anda tidak perlu cemas dan khawatir akan keamanan data pribadi Anda, sebab sistem dalam payment gateway biasanya sudah menggunakan teknologi enkripsi yang canggih dan terkini sehingga lebih aman dan juga terpercaya dan mampu meminimalisir upaya maupun tindak pencurian.

4. Tingkat kepercayaan pelanggan terhadap toko online meningkat

Selain memberikan hal positif bagi pelanggan maupun pembeli, adanya payment gateway secara tidak langsung juga membawa sisi positif bagi para pebisnis maupun pemilik toko online. Dengan menggunakan payment gateway, disadari atau tidak toko online akan mendapat kepercayaan yang lebih dari para pelanggan dan pembelinya.

5. Meminimalisir risiko terjadinya penipuan dalam proses transaksi

Salah satu kecemasan yang bisa dirasakan baik oleh para pembeli maupun pemilik toko online adalah risiko terjadinya tindak penipuan yang kemungkinan bisa terjadi. Namun, proses transaksi yang dilakukan menggunakan payment gateway dinilai dapat mengurangi potensi terjadinya hal tersebut, karena selain menggunakan teknologi enkripsi yang canggih, payment gateway juga dapat melakukan pendeteksian terhadap berbagai transaksi yang dinilai mencurigakan.

Dari beberapa penjelasan tersebut di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa melalui prosedur transaksi dengan payment gateway, akan ada banyak sekali keuntungan atau manfaat yang bisa didapatkan, baik itu untuk pelaku bisnis atau pemilik toko online maupun para pelanggan dan pembeli. Bisa dikatakan adanya payment gateway memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi dan melakukan pembayaran secara online dan digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *