Begini Cara Kerja Payment Gateway dan Implementasi Pembayaran Langsung

Jika beberapa dekade yang lalu banyak yang masih menggunakan uang fisik saat bertransaksi. Kini metode pembayaran yang dilakukan sudah beralih ke metode online seiring dengan kecanggihan teknologi. Pemanfaatan payment gateway dan implementasi pembayaran langsung ini digunakan pada transaksi di era digital.

Yuk kenali payment gateway secara lebih jauh pada penjelasan artikel di bawah ini.

Cara Kerja Payment Gateway dan Implementasi Pembayaran Langsung

Sistem pembayaran berbasis teknologi saat ini sudah menggantikan sistem transaksi tunai. Transaksi dengan memanfaatkan payment gateway dinilai menguntungkan sebab bisa mengurangi biaya transaksi bisnis serta memperbaiki kualitas pelayanan terhadap pelanggan.

Umumnya payment gateway adalah salah satu bentuk dari sistem transaksi yang memiliki tugas mengotorisasi proses transaksi via e-commerce. Ketika bertransaksi online Anda mungkin mengharapkan proses pembayaran yang mudah dan juga aman.

Payment gateway inilah solusi yang tepat untuk transaksi online karena dapat dilakukan dengan beragam ccara seperti transaksi kredit, debit hingga transfer bank maupun sistem pembayaran langsung menggunakan e-wallet ataupun direct debit. Sebelum mengetahui cara kerja payment gateway dan implementasi pembayaran langsung berikut ini adalah rincian mengenai sistem keamanan pada payment gateway.

– Address verification system (AVS)

Sistem keamanan yang pertama diakukan dengan menggunakan sistem verifikasi alamat. Pada sebuah transaksi, sistem keamanan ini akan mencari ataupun memeriksa data secara terperinci mengenai tagihan pada transaksi yang diproses konsumen.

Pelacakan ataupun pemeriksaan tersebut memakai alamat yang tercantum pada data kartu debit maupun kartu kredit yang terdaftar. Dengan demikian ketika terjadi peretasan maka sistem dengan segera dapat mengetahuinya.

– Card Security Code

Sistem keamanan selanjutnya menggunakan teknologi yang mengharuskan Anda untuk menginput kode keamanan pada setiap transaksi pembayaran. Sistem akan secara otomatis meminta kode keamanan atau kode verifikasi yang valid setelah memasukkan nomor saat melakukan transaksi baik menggunakan kartu kredit maupun kartu debit.

– 3D Secure Password

3D password secure merupakan sistem keamanan yang terakhir. Alat atau sistem ini berfungsi sebagai alat yang dapat mengotorisasi setiap transaksi yang dilakukan konsumen secara online.

Itulah sistem keamanan yang ada pada payment gateway. Payment gateway adalah terobosan teknologi pembayaran secara online yang canggih, praktis, cepat dan juga sederhana. Adapun cara kerja yang dilakukan sistem pembayaran ini yaitu sebagai berikut.

– Konsumen sudah menyelesaikan transaksinya pada aplikasi atau situs e-commerce

Langkah pertama dimulai ketika pelanggan sudah masuk ke tahap check out. Ketika proses check out pada aplikasi atau situs e-comerce, pelanggan akan diarahkan pada laman yang mempunyai beberapa metode pembayaran.

Beberapa metode pembayaran tersebut menggunakan sistem payment gateway. Jadi pelanggan bisa memilih metode pembayaran tergantung keinginannya masing-masing. Namun bagi Anda yang ingin memilih metode pembayaran payment gateway dan implementasi pembayaran langsung maka Anda bisa memilih metode pembayaran menggunakan e-wallet.

– Informasi transaksi akan diproses pada payment processor

Saat pembayaran sudah selesai serta terkonfirmasi oleh sistem maka semua informasi pada proses transaksi tersebut akan tercantum pada payment gateway. Kemudian informasi transaksi tersebut akan dikirim menuju ke payment processor dari bank yang pelanggan pilih.

– Pihak bank akan mengirim balasan pada payment processor

Setelah bank mendapat informasi transaksi pelanggan dari payment processor maka bank akan mengirim balasan ke payment processor. Respon tersebut berupa kode khusus yang isinya mengenai informasi transaksi yang dilakukan berhasil atau tidak. Uniknya ketika data yang konsumen input tidak sesuai maupun tidak terdeteksi karena adanya kesalahan saat pembayaran maka sistem akan secara otomatis menggagalkan pembayaran tersebut.

Jadi Anda tak perlu khawatir jika ternyata prosesnya tidak bisa dilakukan karena proses pembayaran tidak akan berlanjut. Dengan demikian uang Anda akan tetap dan tidak berkurang karena melakukan transaksi tersebut.

– Payment gateway akan menerima pesan transaksi yang berasal dari payment processor

Untuk langkah terakhir dari cara kerja yang dilakukan sistem payment gateway ini yaitu menerima pesan atau respon mengena status transaksi yang dikirim payment processor. Jadi setelah pihak bank mengirim balasan tersebut, payment gateway akan menerima pesan tersebut berhasil atau tidak. Jika berhasil maka transaksi bisa diselesaikan.

Itulah tahapan atau cara kerja yang dilakukan payment gateway dan implementasi pembayaran langsung. Informasi selanjutnya yaitu manfaat dengan menggunakan teknologi payment gateway.

Manfaat Penggunakan Payment Gateway

Kehadiran sistem payment gateway ini membuat semua transaksi bisa menjadi lebih mudah. Apa saja manfaatnya? Yuk simak penjelasan berikut.

– Transaksi jadi lebih cepat

Manfaat yang pertama yaitu proses transaksi dapat berjalan lebih cepat. Jadi kini untuk melakukan pembayaran online, Anda bisa melakukannya dari mana pun dan kapan pun.

Kini untuk melakukan pengiriman atau pembayaran tak perlu lagi antri di bank. Tanpa perlu menunggu lama, transaksi Anda akan cepat selesai dilakukan dan bisa mengetahui berhasil atau tidaknya dengan cepat.

– Meminimalisir tindak kejahatan

Untuk keamanannya Anda tak perlu khawatir. Hal tersebut karena sistem payment gateway ini memiliki keamanan berlapis yang bisa mencegah kejahatan siber yang marak terjadi. Kehadiran teknologi pembayaran ini juga dapat berperan bagi semua pihak yang terlibat pada sebuah transaksi.

– Pengiriman dari seluruh jenis rekening

Beberapa alasan mengapa banyak orang yang masih enggan memilih untuk belanja online karena dinilai kurang aman serta proses pembayaran yang cukup ribet hingga membutuhkan tambahan biaya untuk melakukan transfer uang. Kini dengan adanya payment gateway perbedaan bank yang digunakan bukanlah sebuah masalah.

Hal tersebut karena dengan payment gateway, baik penjual maupun pembeli sudah tidak perlu lagi mempunyai banyak rekening untuk dapat bertransaksi. Hal tersebut karena proses transaksi dapat dilakukan hanya dengan rekening yang sama. Sangat menarik untuk dicoba bukan?

– Proses instalasi payment gateway lebih mudah

Manfaat selanjutnya atau alasan mengapa Anda harus menggunakan sistem pembayaran ini yaitu proses instalasinya yang mudah. Jadi Anda tak perlu bingung lagi bagaimana cara untuk melakukan pemasang. Apalagi jika Anda memakai WorPress yang mempunyai beberapa pilihan plugin yang cukup banyak.

– Dapat menganalisis kebiasaan belanja ataupun transaksi pelanggan

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini sebagian besar orang banyak yang lebih percaya serta merasa lebih nyaman dengan melakukan transaksi secara online. Hal ini akan terasa nyaman apalagi jika telah terdaftar atau diawasi oleh OJK.

Hal ini tentunya sudah dikantongi oleh paydisini.co.id. Sudah lebih dari 500 juta transaksi yang dilakukan sejak paydisini.co.id berdiri. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan kami telah mendapat kepercayaan dari para pelanggan sebelumnya.

Jadi tunggu apalagi jangan ragu dan kunjungi paydisini.co.id untuk informasi pemasangan lebih lanjut. Demikian sedikit penjelasan tentang payment gateway dan implementasi pembayaran langsung. Kembangkan bisnis Anda dengan menggunakan sistem pembayaran ini, selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *