Payment Gateway untuk UMKM: Manfaat dan Tips Memilihnya

Bagi beberapa pebisnis, mungkin sudah tahu betapa pentingnya payment gateway. Untuk para pebisnis UMKM, payment gateway bisa menjadi solusi transaksi yang bukan hanya aman, tapi juga memudahkan dan fleksibel. Artikel berikut ini akan membahas manfaat payment gateway untuk UMKM dan tips dalam memilih gateway tersebut.

Seberapa Penting Payment Gateway untuk UMKM?

Bisnis UMKM merupakan salah satu kekuatan ekonomi negara. Meski istilahnya usaha kecil menengah, tapi inilah salah satu bidang bisnis yang bisa menggerakkan ekonomi. Beragam upaya bisa dilakukan agar bisa mengoptimalkan potensi UMKM tersebut. Integrasi payment gateway merupakan salah satu upaya yang disarankan agar kinerja UMKM bisa lebih optimal.

Lalu seberapa penting adanya teknologi payment gateway tersebut untuk bisnis UMKM? Simak lebih jelasnya pada beberapa poin berikut:

– Menunjang kemudahan pelanggan bertransaksi online

Adanya payment gateway untuk UMKM tidak lepas dari kemudahan dan pendekatan yang lebih praktis. Bahkan bukan hanya mudah saja, payment gateway juga merupakan inovasi akses transaksi yang lebih cepat dibandingkan metode tradisional. Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh gateway pembayaran ini, maka UMKM bisa fokus kepada aspek-aspek bisnis lain.

Menggunakan payment gateway berarti membuat pelanggan tidak harus lagi pergi ke ATM lalu mentransfer saldo kartu bank mereka. Pada saat payment gateway diintegrasikan ke platform e-commerce atau pedagang, maka pelanggan cukup andalkan hp smartphone mereka saja.

Cukup beberapa klik, transaksi yang aman, dan fleksibel bisa dilakukan oleh pelanggan. Pelaku UMKM juga bisa lebih mudah dalam memantau setiap transaksi yang berlangsung. Seluruh data penting terutama seputar transaksi, bisa diakses dengan mudah melalui perangkat smartphone.

Maka dari itu, UMKM bisa lebih leluasa dalam meningkatkan nilai-nilai bisnis lain seperti pengembangan produk. Jika UMKM ingin berfokus meningkatkan level bisnis mereka, maka sangat penting untuk mengimplementasikan payment gateway.

– Memungkinkan jangkauan pasar lebih luas dibandingkan cara tradisional

Cara berbisnis yang tradisional memiliki banyak kelemahan, salah satunya adalah susahnya menjangkau pasar lebih luas. UMKM yang mampu menjangkau pelanggan secara meluas tentunya bisa meningkatkan potensi keuntungan mereka. Payment gateway untuk UMKM adalah salah satu solusi agar jangkauan pasar UMKM bisa lebih luas.

Akses pembelian tidak terbatas domisili pelanggan, karena metode ini berlangsung secara online. Bukan hanya itu saja, beragamnya jenis pembayaran berarti juga bisa semakin memperluas jangkauan pelanggan. Apa pun jenis metode yang pelanggan miliki, UMKM bisa menyelesaikan transaksi dengan metode tersebut.

Sebelum fungsi payment gateway bisa benar-benar digunakan, perlu melakukan integrasi terlebih dahulu ke platform atau web UMKM. Integrasi gateway itu sendiri mungkin cukup menyulitkan jika anda baru pertama kali menggunakan sistem ini. Maka dari itu, sangat penting untuk sebuah layanan payment gateway memiliki sistem integrasi yang mudah.

Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengintegrasikan sistem pembayaran dalam berbagai metode. Integrasi yang memudahkan juga bisa membuat proses transfer lebih efisien.

Apa Saja Fitur Penting Payment Gateway untuk UMKM?

Sekarang, kita bisa menemukan beragam pilihan payment gateway. Pemilihan gateway pembayaran lebih baik dilakukan dengan cukup selektif. Pertimbangkan aspek-aspek utama berkualitas suatu payment gateway seperti keamanan, kemudahan, fungsionalitas, dan sebagainya.

Antar satu gateway dengan yang lain bisa saja memiliki koleksi fitur berbeda-beda. Kita harus memastikan fitur yang disediakan sesuai dengan apa yang bisnis UMKM kita butuhkan. Lalu apa saja fitur-fitur penting payment gateway untuk UMKM? Setidaknya payment gateway pilihan pelaku UMKM harus memiliki fitur-fitur berikut:

– Fitur integrasi yang memudahkan

Terutama bagi pelaku UMKM yang baru pertama kali menggunakan payment gateway, fitur integrasinya harus memudahkan. Semakin mudah integrasi API suatu payment gateway, maka bisa membuat pebisnis bisa meluangkan waktunya untuk urusan berharga lain.

Jangan sampai kita membuang banyak waktu hanya untuk memahami bagaimana cara mengintegrasikan payment gateway tersebut. Mau tidak mau, integrasi itu harus dilakukan agar web atau platform bisnis kita bisa menjalankan fungsi gateway tersebut. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak payment gateway dengan integrasi mudah.

– Fitur keamanan memadai

Keamanan merupakan aspek utama dalam transaksi. Setiap harinya UMKM menjalankan transaksi untuk pembelian pelanggan. Jika transaksi digital yang disediakan oleh UMKM rentan akan kejahatan siber atau penuh celah, maka pelanggan bisa enggan berbelanja.

Maka dari itu, fitur keamanan harus tersedia pada payment gateway dan cukup kuat untuk melindungi keamanan transaksi. Sebelum memilih payment gateway, coba cek apa saja fitur-fitur yang tersedia terutama yang bisa menunjang keamanan. Misalnya saja tersedia enkripsi data mumpuni, proteksi serangan siber, otentikasi, dan lain sebagainya.

Mencegah terjadinya serangan siber adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis. Jangan sampai karena kualitas keamanan payment gateway yang Anda gunakan lemah, citra bisnis UMKM Anda bisa terancam.

– Fitur costumer service

Layanan dukungan pelanggan atau costumer service jangan sampai dilupakan. Bagi anda pebisnis yang pemula dalam payment gateway, bisa saja akan sering menemukan kesulitan dalam mengakses fitur-fitur di dalamnya. Anda bisa datang ke layanan CS untuk mendapatkan solusi ideal.

Pada dasarnya, payment gateway memang dibuat secanggih mungkin dan banyak juga yang mudah digunakan meski untuk pemula. Tapi ada kalanya terdapat gangguan teknis yang membuat kita bingung harus melakukan apa. Karena masalah teknis tersebut, bisa saja pelayanan bisnis terhadap pelanggan menjadi terganggu.

Maka dari itu, penting untuk mengecek fitur CS yang disediakan payment gateway pilihan Anda sudah cukup memadai atau belum. Layanan ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah teknis penggunaan, menanyakan fitur, dan sebagainya. Lebih baik pertimbangkan penyedia payment gateway yang mampu menyediakan tim support responsif.

Pastikan tim CS tersebut bisa diakses 24 jam. Permasalahan dalam transaksi bisa terjadi kapan saja sehingga penting bagi provider gateway menyediakan CS yang online 24 jam.

Solusi Payment Gateway Terbaik untuk UMKM

Begitu banyaknya payment gateway untuk UMKM yang bisa Anda pilih mungkin justru cukup membingungkan. Memilih payment gateway sudah seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan bisnis karena fitur-fiturnya bisa bervariasi. Tapi jika secara umum, gateway pembayaran harus aman, mudah, fleksibel, responsif.

Anda bisa menggunakan layanan Paydisini yang mampu menunjang integrasi payment gateway secara optimal dan serba mudah. Paydisini hadir sebagai aggregator gateway pembayaran yang terdaftar secara resmi dan legal. Channel pembayaran yang disediakan oleh Paydisini lengkap.

Bukan hanya itu saja, Paydisini juga mampu menyediakan notifikasi realtime, keseluruhan transaksi tersinkron pada akun. Biaya pencairannya juga murah baik itu untuk transaksi yang masuk maupun pencairan dana merchant.

Untuk sistem integrasinya, Paydisini menyediakan sistem yang memudahkan. Tersedia juga tim yang support pelanggan hingga 24 jam sehingga kendala Anda bisa segera teratasi.

Agar bisa mendapatkan manfaat optimal dari payment gateway untuk UMKM, kaji gateway dari berbagai aspek. Baik itu dari keamanan, kelengkapan fitur, kemudahan integrasi dan multi channel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *