Penerapan Teknologi Blockchain dalam Payment Gateway

Sistem blockchain bisa berfungsi untuk banyak aspek, salah satunya adalah untuk menunjang performa payment gateway. Blockchain bisa menjadi perantara pelanggan dengan merchant atau pedagang melalui pendekatan yang canggih. Perpaduan ini bisa memungkinkan transaksi lebih aman dan lancar. Untuk memahami penerapan teknologi blockchain dalam payment gateway lebih jauh, simak artikel berikut ini.

Bagaimana Sistem Kerja Payment Gateway Blockchain?

Fungsi dari payment gateway berbasis blockchain adalah mengkonversi mata uang biasa atau tradisional menjadi bentuk lain yaitu aset digital. Gateway ini akan menangani setiap pemrosesan lalu pada akhirnya transaksi bisa diverifikasi. Perpaduan blockchain dengan payment gateway bisa dibilang merupakan inovasi yang canggih.

Untuk memahami cara kerjanya, simak beberapa poin berikut:

– Transaksi oleh pelanggan

Dalam penggunaan payment gateway, tentunya harus ada pelanggan yang mulai melakukan transaksi terlebih dahulu untuk membeli produk. Bedanya pada payment gateway yang berbasis blockchain ini yaitu penggunaan metode pembayarannya. Pelanggan memakai mata uang berbeda yaitu kripto seperti contohnya Bitcoin saat checkout.

– Pembuatan request pembayaran oleh sistem merchant

Selanjutnya permintaan pembayaran akan dibuat oleh sistem merchant terkait. Setiap permintaan pembayaran memiliki detail yang unik atau beda satu sama lain. Jumlah pembayarannya bisa berbeda termasuk detail dompet yang menerimanya.

– Pengiriman data pembayaran ke sistem payment gateway

Setelah request pembayaran dibuat, maka selanjutnya request tersebut akan di-forward ke sistem gateway blockchain. Sistem gateway ini akan menjadi gerbang atau perantara merchant dengan jaringan dalam blockchain itu sendiri.

– Verifikasi transaksi

Setiap prosedur transaksi dalam payment gateway akan melalui proses verifikasi. Sistem gateway blockchain melakukan prosedur verifikasi akan request transaksi melalui aspek-aspek yang mendetail. Verifikasi ini akan mengacu pada nominal transaksi, detail dompet, dan data lain sebagainya.

– Notifikasi transaksi

Kalau sudah berhasil diverifikasi, maka sistem gateway akan menyiarkan informasi transaksi terkait menuju jaringan blockchain relevan. Penyiaran ini tentunya akan bergantung pada jaringan terkait yang digunakan misalnya Ethereum, Bitcoin, atau jaringan lainnya.

– Konfirmasi

Tim validator dalam jaringan blockchain terkait akan mengkonfirmasi transaksi terkait. Dalam prosesnya, tahap ini akan mengkonfirmasi aspek-aspek keaslian transaksi agar bisa menunjang keamanan transaksi itu sendiri. Konfirmasi transaksi perlu memastikan apakah dana cukup tersedia atau tidak.

Setelah dikonfirmasi, maka data transaksi yang dikonfirmasi akan ditambahkan ke basis data blockchain. Penerapan teknologi blockchain dalam payment gateway memprioritaskan sisi keamanan sehingga konfirmasi mungkin membutuhkan waktu.

– Update status transaksi

Sistem gateway akan menerima transaksi yang sudah dikonfirmasi, lalu selanjutnya akan memperbarui statusnya. Hasil pembaruan lalu selanjutnya disampaikan lagi ke merchant terkait.

– Penerimaan dana pembayaran oleh merchant

Kalau setiap prosedur konfirmasi transaksi sudah dilakukan, maka merchant bisa berhasil menerima dana pembayarannya. Karena menggunakan sistem gateway blockchain, maka merchant bisa saja mengonversi kripto ke uang fiat.

Tentunya mereka bisa membiarkan untuk disimpan sebagai aset kripto jika mereka membutuhkannya. Penyelesaian penerimaan dana bisa disesuaikan dengan preferensi pedagang.

Intinya penerapan teknologi blockchain dalam payment gateway mampu membuat proses-proses pembayaran jauh lebih sederhana. Pebisnis bisa menerima pembayaran menggunakan kripto secara aman dan praktis. Gateway ini mampu menawarkan beragam manfaat selain dari keamanan.

Sistem transaksi inovatif ini juga unggul dari segi kecepatan dan penggunaan biaya. Sistem pembayaran secara tradisional memiliki banyak kelemahan dan payment gateway blockchain ini bisa mengatasi kelemahan tersebut. Mengingat gateway ini berbasis blockchain, maka bisa juga menjangkau secara global terutama dalam penggunaan kripto.

Apa Saja Keuntungan Penerapan Teknologi Blockchain dalam Payment Gateway?

Banyak keuntungan bisa didapat dari penerapan teknologi blockchain dalam payment gateway. Untuk memahami lebih lanjut mengenai apa saja nilai plus gateway ini, simak beberapa poin berikut:

– Transaksi lebih transparan

Implementasi teknologi blockchain bisa memungkinkan informasi transaksi lebih transparan serta tidak bisa dimodifikasi. Seluruh transaksi yang terjadi akan dicatat pada data blockchain, lalu riwayat transaksi bisa diaudit secara optimal. Selanjutnya transaksi akan diverifikasi dengan mendetail sampai benar-benar absah.

Melalui sifat transaksi yang transparan, maka pada akhirnya bisa meningkatkan kepercayaan. Adanya sistem transparansi ini sendiri menunjang bahwa pihak-pihak terkait bisa memperlihatkan akuntabilitas yang baik.

– Kriptografi canggih untuk peningkatan keamanan transaksi

Setiap pembayaran akan diproses oleh sistem blockchain menggunakan prosedur kriptografi yang canggih. Kriptografi tersebut bisa memastikan seluruh transaksi berjalan dengan aman. Transaksi juga bisa menghindarkan transaksi dari gangguan-gangguan atau potensi risiko.

Karakteristik desentralisasi blockchain bisa mengeliminasi titik potensi kegagalan. Pada akhirnya transaksi pun bisa lebih terlindungi dari potensi penyalahgunaan data.

– Lebih hemat biaya

Dalam lingkungan gateway blockchain, biaya transaksinya lebih rendah. Mengapa? Karena pada dasarnya payment gateway itu bisa menghilangkan banyak lapisan prosedur. Inilah perantara secara keseluruhan yang punya fungsionalitas tinggi. Dengan mengurangi pihak-pihak yang terlibat, maka pada akhirnya bisa menekan biaya transaksi.

– Lebih cepat

Karakteristik terdesentralisasi pada blockchain bisa memungkinkan penyelesaian transaksi bisa berjalan lebih cepat. Penundaan transaksi juga bisa dihindari melalui sistem canggih blockchain. Pada sisi lain, transaksi melalui metode tradisional bisa saja punya risiko penundaan tersebut.

– Menunjang aksesibilitas secara global

Penerapan teknologi blockchain dalam payment gateway juga unggul dari segi cakupan aksesibilitas karena bisa menjangkau global. Penggunanya bisa dari negara mana pun, mereka bisa berpartisipasi secara aman dan mudah dalam transaksi. Keunggulan inklusivitas tersebut bisa memenuhi kebutuhan mereka yang tidak memungkinkan menggunakan rekening bank.

– Menekan risiko kejahatan siber

Dengan mengeliminasi perantara, maka secara otomatis risiko penipuan atau kejahatan lainnya bisa berkurang drastis. Lalu perantara apa yang dimaksud? Perantara transaksi bisa dari sisi bank, pihak yang memproses pembayaran, dan sebagainya.

Gateway ini bisa mengeliminasi kerumitan yang bisa kita temukan pada pembayaran tradisional. Tiap transaksi akan tercatat dan tervisualisasi pada sistem blockchain. Payment gateway dengan basis blockchain bisa memberikan solusi secara menyeluruh untuk kelancaran proses pembayaran.

Bukan hanya unggul dari segi keamanan saja, tapi juga biayanya lebih rendah dan mendukung transparansi pembayaran.

Meski kita bisa mendapatkan manfaat besar dari gateway ini, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Persyaratan hukum seputar gateway blockchain bisa saja berbeda-beda tiap negara.

Walau pun bisa mencegah potensi penipuan data, tapi tetap saja ada potensi kejahatan siber. Maka dari itu, sistem gateway blockchain harus fokus pada keamanan agar pelanggan dan pelaku bisnis tidak mendapati kerugian dari kejahatan siber.

Sistem ini mampu menyediakan kontrol menyeluruh, fleksibilitas dan dukungan operasional bisnis. Penerapan teknologi blockchain dalam payment gateway bisa membantu bisnis menjangkau pasar lebih luas dan mampu menyediakan beragam cara pembelian.

Apakah Anda tertarik menggunakan layanan payment gateway? Paydisini merupakan aggregator payment gateway legal dan resmi yang bisa Anda andalkan di Indonesia. Dapatkan integrasi memudahkan, beragam pembayaran, dan biaya pencarian murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *